Total Tayangan Halaman

Jumat, 15 Agustus 2008

Upacara Melasti atau Jalanidhi Puja di Pantai Balekambang Kabupaten Malang

Umat hindu di Malang Raya biasanya melaksanakan upacara melasti (Jalanidhi Puja) di pantai Balekambang yang masuk wilayah Desa Srigonco, Malang Selatan. Upacara melasti dilaksanakan tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi setiap tahunnya. Tahun ini upacara melasti jatuh pada hari Selasa tanggal 4 Maret 2008. Untuk mencapai Pantai Balekambang dari Kota Malang bisa ditempuh melalui daerah Gadang kemudian menuju daerah Turen. Dari Turen dapat dilihat jelas penunjuk arah menuju Pantai Balekambang.

Di pantai Balekambang terdapat Pura Sad Khayangan bernama Pura Luhur Amertha Jati terletak di Pulau Ismoyo. Pura ini dapat dicapai dengan melewati jembatan yang telah dibangun untuk mempermudah umat melakukan persembahyangan.
Sebelum melaksanakan upcara melasti umat terlebih dahulu melakukan persembahyangan di Pura.Upacara melasti dimulai kira-kira pada pukul 10 siang sampai pukul 1 siang. Upacara didahului dengan tari-tarian dan membawa semacam tigasana berisi pratima pura atau hasil bumi berhadapan dengan pantai. Puncak pelaksanaan melasti adalah persembahyangan umat Hindu dan diakhiri dengan melarung sesaji dan hasil bumi ke laut.